Home E Blog E Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) ?
Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) ?

Hai sobat webzoo ! Untuk kamu yang baru saja memiliki website dan ingin sekali website kamu berada di halaman pertama di mesin pencari tentu saja bisa kok. Salah satu caranya adalah menerapkan SEO (Search Engine Optimization) pada website yang sedang kamu miliki.

SEO itu hal yang seharusnya kita wajib ketahui dari awal ketika kita memutuskan untuk membuat website dan tentunya bisa menjadi senjata kita untuk bersaing dengan para kompetitor di mesin pencari. Jadi mulai sekarang yuk sama-sama belajar apa itu SEO, manfaat, dan jenis-jenis SEO dengan menyimak blog Webzoo ini sampai selesai!

Apa itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara yang digunakan untuk optimisasi suatu website yang memudahkan mesin pencari dalam menemukan suatu halaman atau website dan pastinya juga bisa menempatkan suatu halaman/website tertentu di halaman pertama pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Kata kunci atau keyword itu biasanya diinput oleh user sesuai dengan kebutuhan si user tersebut. Oleh karena itu dengan menerapkan SEO yang baik dan benar, Kita dapat mencapai target user yang tepat yang akan mengunjungi website atau halaman yang ada dalam website kita. Kemudian user tersebut akan mendapatkan manfaat dari konten yang dimuat dalam website.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita terima ketika SEO diterapkan dalam website, Apa saja manfaatnya? Yuk baca blog ini sampai akhir, ya.

Mengapa sih harus terapkan SEO pada Website Kita?

Ada 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan SEO pada website, diantaranya :

  • Mendapatkan traffic secara organik

Situs website dengan intensitas pengunjung yang tinggi dapat menempatkan posisi peringkat website tersebut pada mesin pencari. Sehingga ketika kita menerapkan SEO pada website Kita, traffic menjadi meningkat dan user secara otomatis akan selalu  memilih website yang pertama kali user lihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.

  • Meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas

Coba bayangkan jika kamu sedang mencari informasi suatu perusahaan atau brand tertentu melalui mesin pencari seperti Google, namun tidak menemukan informasi apapun terkait perusahaan atau brand tersebut. Bukankah akan sedikit meragukan?

Itulah mengapa website yang tampil di halaman pertama mesin pencari seperti google sudah dipastikan memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas user lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan rekomendasi yang diberikan mesin pencari dianggap relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user.

  • Relevansi Target Pasar

Setiap orang yang memiliki website sudah dipastikan juga memiliki target pasar tertentu. Untuk mencapai target pasar tersebut, SEO membantu untuk mendapatkan relevansi target pasar sesuai dengan kebutuhan user. Mesin pencari akan mengarahkan user untuk menemukan kebutuhan user tersebut sesuai dengan kata kunci yang diinput.

  • Mendapatkan data perilaku konsumen

SEO dapat memberikan berbagai data yang dapat menggambarkan perilaku konsumen atau user yang mengunjungi website kita. Data-data tersebut bisa dilihat dari Google Analytics, Google Search Console, maupun tools SEO lainnya. Sebagai contoh, melalui tools SEO kita dapat melihat perilaku pengunjung website yang banyak melihat halaman produk namun tidak membeli. Bisa jadi, pengunjung belum tertarik dengan foto, deskripsi produk, maupun harga produk, sehingga kita bisa memperbaikinya.

  • Investasi Promosi jangka panjang

Promosi pada website tidak hanya bergantung pada iklan google ads saja yang harus mengeluarkan budget dan hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu. SEO tentu bisa menjadi solusi kita untuk investasi promosi jangka panjang pada mesin pencari. Tapi harus diketahui juga bahwa Penerapan SEO ini juga tidak bisa dilakukan secara cepat. Hal ini karena teknik-teknik penerapan SEO dapat selalu berubah-ubah berdasarkan update algoritma mesin pencari (Google) terbaru. Sehingga, penting untuk selalu memantau dan mengikuti perkembangannya agar manfaat SEO yang sudah diterapkan maksimal.

Jenis-jenis SEO

Ada 4 jenis SEO yang harus kamu tahu. Kita simak satu-satu, ya.

  • SEO on page

SEO on page ialah SEO yang berfokus pada upaya optimasi konten yang ada dalam suatu website. Mengoptimalkan struktur artikel hingga topik artikel. Caranya mendalami keyword dengan cara  riset mengenai tren, optimalisasi header, meta description, tittle, fitur image, dan lain-lain.

  • SEO Off page

SEO Off page ialah  SEO yang berfokus pada upaya optimasi yang dilakukan di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Adapun cara meningkatkan kualitas SEO yang ada di luar website seperti memperbanyak website lain untuk memuat link website kita atau membagikan link website kita ke berbagai sosial media, influencer marketing, dan hadir pada forum-forum.

  • Technical SEO

Technical SEO ialah upaya untuk mengoptimasi aspek-aspek teknis pada website kita agar sesuai dengan kriteria algoritma mesin pencari. Adapun aspek-aspek tersebut meliputi optimasi kecepatan loading suatu website, mobile-friendly, dan arsitektur website.

  • Local SEO

Local SEO ialah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis kita di search result lokal atau terdekat. Adapun caranya dengan memiliki google bisnisku bing places, apple maps, dan lain-lain.

Sampai disini dulu ya sobat webzoo penjelasan mengenai SEO nya. Di blog ini, setidaknya kamu sudah mengetahui apa itu SEO, manfaat SEO dan juga jenis-jenis SEO. Sekarang waktunya kamu baca artikel lain di blog webzoo agar pengetahuan kamu tentang SEO semakin keren !